Lompat ke isi utama

Berita

Dua Dalang dan Gareng Meriahkan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

[et_pb_section admin_label="Section" fullwidth="off" specialty="off" transparent_background="off" background_color="#ffffff" allow_player_pause="off" inner_shadow="off" parallax="off" parallax_method="off" custom_padding="1px|||" padding_mobile="off" make_fullwidth="off" use_custom_width="off" width_unit="on" make_equal="off" use_custom_gutter="off"][et_pb_row admin_label="Row" make_fullwidth="off" use_custom_width="off" width_unit="on" use_custom_gutter="off" padding_mobile="off" allow_player_pause="off" parallax="off" parallax_method="off" make_equal="off" parallax_1="off" parallax_method_1="off" padding_top_1="20px" parallax_2="off" parallax_method_2="off" padding_top_2="20px" column_padding_mobile="off"][et_pb_column type="2_3"][et_pb_text admin_label="Judul Post" background_layout="light" text_orientation="center" use_border_color="off" border_color="#cecece" border_style="ridge" border_width="5px"]

Dua Dalang dan Gareng Meriahkan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

[/et_pb_text][et_pb_text admin_label="Konten" background_layout="light" text_orientation="center" use_border_color="off" border_color="#ffffff" border_style="solid"] Dua Dalang dan Gareng Meriahkan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Bawaslu blora  

Blora – Pagelaran wayang kulit pada sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berlangsung meriah, Sabtu (16/3/2019). Pasalnya, acara di halaman kantor Bawaslu Blora ini melibatkan dua dalang sekaligus yakni Ki Nuriyanto asal Dusun Pangkat Desa Purwosari dan Ki Sujiarto Jreng asal Dusun Gusten Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora.

Ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyonan menyampaikan, pagelaran wayang kulit menampilkan dua dalang terbaik Blora. “Kedua dalang itu berkolaborasi menampilkan lakon Kongso Adu Jago,” ujarnya.

Pertunjukan wayang kulit ini juga menghadirkan Gareng, pelawak lokal. “Melalui pagelaran wayang kulit ini kami ajak semua masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019. Selain itu juga berpartisipasi ikut mengawasi jalannya Pemilu,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini Pemilu 2019 masih pada tahapan kampanye dengan tujuh metode yang diperbolehkan. “Nanti mulai 24 Maret, ada dua metode lain sudah diperbolehkan. Yakni rapat umum atau kampanye terbuka dan iklan kampanye sampai 13 April,” lanjutnya.

Pihaknya dalam pemilu 2019 menyatakan perang terhadap politik uang, politisasi SARA dan berita palsu atau bohong (hoaks). Terhadap pelaku politik uang, sanksinya pun berlapis dari administrasi hingga pidana.

“Pelakunya bisa dicoret dari daftar calon, dan dikenakan pidana penjara. Juga masyarakat jangan mudah terhasut dengan isu SARA, apalagi berita bohong (hoaks) yang belum jelas asalnya,” ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Blora ini.

Di tempat yang sama Bupati Blora Djoko Nugroho memberikan sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Setda) Blora, Purwadi Setiono, menyampaikan terimakasih dan menghargai yang ditetapkan untuk segenap panitia dan jajaran Bawaslu Blora.

“Seperti yang kita bicarakan, ini adalah proses yang cukup rumit, hal ini karena perlu kesiapan demokrasi dan kedewasaan pemilih, serta kompetisi antar pemilihan baik di partai internal maupun partai dengan partai lain,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Kerumitan inilah, lanjutnya, menjadi peluang penurunan kecurangan, atau dibatalkan. Agar dapat menjalankan tugasnya dengan sukses. “Untuk itu, untuk Bawaslu kami persilahkan untuk mengundang berbagai komunitas atau organisasi berbasis masyarakat atau andil untuk mata dan telinga pengawasan pemilu,” ujarnya. Tujuannya untuk meminimalisasi kecurangan yang mungkin akan terjadi dalam Pemilu 2019. “Dengan sosialisasi ini, kami harapakan dapat menumbuhkan semangat dari masyarakat untuk mendukung keberhasilan pemilihan umum,” lanjutnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh Bupati Blora, pengawasan akan lebih efektif dengan adanya kemudahan mengakses informasi dari masyarakat untuk memberikan pengaduan atau pelaporan. Sedangkan untuk ASN harus netral, karena ASN memiliki kewenangan dan kewenangan administrasi, anggaran dan lainnya. Meski demikian beliau juga mengatakan sebagai ASN mereka mempunyai hak untuk memilih tetapi juga harus netralitas selaku penyelenggara negara.

Sebelum pagelaran, wayang kulit dimulai diawali menyanyikan lagu kebangsan Indonesia Raya dan Mars Pengawas Pemilu yang diiringi gamelan.

Disela-sela acara sebelumnya tentang tari kreasi Guyub Samin oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Merpati Blora pimpinan Umi Ardiyah dari Desa Tambaksari, Blora.

Dilanjutkan penyerahan alat peraga sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu bagi sejumlah waranggana (pesinden). Selanjutnya penyerahan tokoh wayang Kokrosono oleh Asisten I Setda Blora Purwadi Setiono untuk dalang Ki Nuriyanto dan dan tokoh wayang Noyorono oleh Ketua Bawaslu kepada dalang Sujiarto Jreng.

Selain menarik perhatian pecinta seni wayang kulit di wilayah setempat. Acara ini juga disiarkan langsung melalui LPPL Radio Gagakrimang dan melalui streaming gagakrimang.blorakab.go.id pada gelombang 105,9 FM, serta akun media sosial Bawaslu Blora.

[/et_pb_text][/et_pb_column][et_pb_column type="1_3"][et_pb_text admin_label="Pengawasan" background_layout="light" text_orientation="center" use_border_color="on" border_color="#cecece" border_style="ridge" border_width="5px"]

Iklan Pengawasan

[/et_pb_text][et_pb_video_slider admin_label="Video Slider" show_image_overlay="hide" show_arrows="on" show_thumbnails="on" controls_color="light"] [et_pb_video_slider_item admin_title="vid 1" src="https://www.youtube.com/watch?v=03ps5-Wbcl4" background_layout="dark" /][et_pb_video_slider_item admin_title="vid 2" src="https://www.youtube.com/watch?v=GK9Fn0KF8T4" background_layout="dark" /][et_pb_video_slider_item admin_title="vid 3" src="https://www.youtube.com/watch?v=5F8rF6ULMMQ" background_layout="dark" /] [/et_pb_video_slider][et_pb_text admin_label="Judul Video" background_layout="light" text_orientation="center" use_border_color="on" border_color="#cecece" border_style="ridge" border_width="5px"]

Tautan Lembaga

[/et_pb_text][et_pb_text admin_label="Text" background_layout="light" text_orientation="left" use_border_color="off" border_color="#e2e2e2" border_style="ridge" border_width="5"] Republik Indonesia Komisi Pemilihan Umum DKPP Dewan Perwakilan Rakyat Mahkamah Konstitusi

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section][et_pb_section admin_label="section" fullwidth="off" background_color="#283139" inner_shadow="off" parallax="off" transparent_background="off" allow_player_pause="off" parallax_method="off" padding_mobile="off" make_fullwidth="off" use_custom_width="off" width_unit="on" make_equal="off" use_custom_gutter="off"][et_pb_row admin_label="row" make_fullwidth="off" use_custom_width="off" width_unit="on" use_custom_gutter="off" custom_padding="1px||1px|" padding_mobile="off" custom_margin="1px||1px|" allow_player_pause="off" parallax="off" parallax_method="off" make_equal="off" parallax_1="off" parallax_method_1="off" parallax_2="off" parallax_method_2="off" parallax_3="off" parallax_method_3="off" column_padding_mobile="on"][et_pb_column type="1_3"][et_pb_text admin_label="Text" background_layout="dark" text_orientation="center" use_border_color="off" border_color="#ffffff" border_style="solid"]

PROFIL

Sejarah Pengawasan Pemilu Visi dan Misi Tugas Wewenang dan Kewajiban

[/et_pb_text][/et_pb_column][et_pb_column type="1_3"][et_pb_text admin_label="Text" background_layout="dark" text_orientation="center" use_border_color="off" border_color="#ffffff" border_style="solid"]

PUBLIKASI

Berita Galeri Foto Galeri Video Agenda

[/et_pb_text][/et_pb_column][et_pb_column type="1_3"][et_pb_text admin_label="Text" background_layout="dark" text_orientation="left" use_border_color="off" border_color="#ffffff" border_style="solid"]

KONTAK KAMI

Alamat kantor : Jl. RA. Kartini No.12, Kunden, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58212 Telephone    : (0296) 5300470 Facebook      : Bawaslu Kabupaten Blora Twitter     : Bawaslu Blora Instagram  : bawaslu_blora Youtube     : Bawaslu Kabupaten Blora

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Tag
Berita