Lompat ke isi utama

Berita

Resmi Dilantik, 2.977 Pengawas TPS Siap Awasi Pemilu 2024 Di Blora

Pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Blora

Pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Blora

Blora – Sebanyak 2.977 pengawas TPS yang akan bertugas mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024 di Kabupaten Blora resmi dilantik serentak hari ini, Senin (22 /1/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora Andyka Fuad Ibrahim menyebut,  pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan pemilu di Indonesia, Karena menurut Andyka pengawas TPS yang bersentuhan langsung dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Pengawas TPS adalah ujung tombak yang bersentuhan langsung pada saat tahapan Pemungutan dan Peghitungan suara nanti. Kami sangat berharap Pengawas TPS nantinya dapat mengawasi proses tahapan Pemungutan dan Penghitungan suara nanti secara cermat. Karana Tahapan itu adalah puncak dari setiap tahapan pada  Pemilu 2024 ini", ungkap Andyka.

Sementara itu Akhmad Alwi, Koordinator Divisi SDM-O Bawaslu Blora mengatakan, Jumlah pengawas TPS yang dilantik telah sesuai dengan jumlah TPS yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Blora. Nantinya, setiap TPS akan diawasi 1 (satu) orang pengawas TPS.

“Setelah dilakukan pelantikan ini, Kami juga langsung memberikan pembekalan tahap pertama kepada Pengawas TPS untuk menunjang kerja pengawasan di TPS nanti saat tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara. Karena Pengawas TPS harus dibekali strategi Pengawasan untuk memastikan Pemungutan dan Penghitungan Suara nanti berjalan sesuai regulasi yang berlaku pada Pemilu 2024 ini,” tambah Alwi.