Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gandeng PWI Tingkatkan Kualitas Publikasi di Media Online

Ketua PWI Blora Heri Purnomo memberikan materi tentang publikasi di media online kepada jajaran Bawaslu Blora

Ketua PWI Blora Heri Purnomo memberikan materi tentang publikasi di media online kepada jajaran Bawaslu Blora

Semakin pesatnya perkembangan media online saat ini menuntut Bawaslu sebagai lembaga publik untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara cepat. Hal inilah yang kemudian mendasari Bawaslu Kabupaten Blora membekali jajarannya dengan pelatihan menulis berita dan video di media online.

"Kami harapkan melalui pelatihan ini kita semua mampu menulis berita dengan baik, sehingga setiap kegiatan dapat langsung dipublikasikan dengan cepat" Ujar Andyka Fuad Ibrahim dalam sambutannya pada acara yang digelar di Kantor Bawaslu Blora, Selasa (24/10/2023) tersebut.

Andyka menegaskan publikasi merupakan tugas seluruh jajaran, tidak hanya tugas satu divisi.

"Setiap kita adalah Humas, untuk itu kita bertanggung jawab mempublikasikan seluruh kinerja kita kepada masyarakat." tegasnya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Blora Heri Purnomo menjelaskan beberapa prinsip dalam penulisan berita di media online.

"Prinsip pertama dalam penulisan berita online yakni sederhana. Gunakan bahasa yang sederhana karena tidak semua pembaca memiliki latar belakang pendidikan yang sama. Kemudian harus jelas, tidak mengambang atau membingungkan akibat multi tafsir." jelas Heri

Ia menambahkan, penulisan berita di media online juga harus hemat, dinamis, serta logis.

"Rata-rata durasi orang membaca berita online adalah 1-2 menit, hindari boros kata. Pemilihan kata juga harus dinamis dan memiliki struktur yang logis." tambahnya.